Review Setelah Pake’ Skywave 125 cc

Posted: 18/04/2011 in 'Gelombang Langit' Skywave

Alhamdulillah udah pake hampir 2 tahun neh motor (malah cicilan udah mau abis, hehe) :D dan telah menempuh jarak lebih dari 20.000 km.

Berikut ini hasil review setelah memakai Skywave 125cc selama 2 tahun terakhir dibuat berdasarkan :

* Tinggi & Berat Badan Pengendara 175cm & 78kg (motor ama pemilik sama2 gambot, hehe) 🙂
* Mesin Standar Pabrik Suzuki bukan Standar Balap Suzuki :D
* Tahun Pembuatan 2009
* BBM tahun pertama Pertamax / Shell, tahun kedua mix ama premium (harga Pertamax mendadak dangdut sih)
* Oli standar Suzuki SGO (gk mau jd korban testing oli :cry: ), tp udah nemuin oli yang ‘katanya’ recommended cmn belum coba’ aja.. Idemitsu Extreme TOURING 10W40 SM/CF Semi Synthetic. 🙂
* Jarak Tempuh per hari rata2 30-40km (tdk trmasuk saat ane tugas luar loh) yg emang penuh dgn medan menantang nih (rumah prbatasan antar kota sih) :lol:
* Pemakaian untuk kerja + antar jemput sekolah (klo pas gk ane pake’) bukan buat balapan loh, y kadang aja sih ngajak duel, hehe 8)

Hasilnya adalah:

1* Konsumsi BBM : rata” 1:45 *konstan 50-60 km/jam* (dalam keadaan santai); ato rata” 1:38 *fluktuatif 60-100kpj” (dalam keadaan emosi dan nahan BAB) 🙂

2* Akselerasi awal lemah. Mungkin ini motor matic dianggap paling safe, karena akselerasi awalnya (putaran bawah <30-40kpj) lemot bgt. :lol: , tapi untuk akselerasi tengah sampai atas TOP abiez…! tapi ada cara untuk membuat akselerasi bawah jadi mantep, yaitu cukup ganti Per CVTnya dengan ukuran maksimal 1500rpm utk pengguna harian. Bahkan dengan mensubsitusi Per CVT original vario (1000 rpm harga +/- Rp.18.000) juga sudah cukup, yang penting pemasangannya benar karena per cvt skywave (800 rpm) dan vario bentuknya berbeda. Klo ane saranin pake per cvt khusus untuk skywave yg aftermarket aja (Samma GForce – Rp.65.000,-).

3* Lampu sangat terang. Tapi jangan bandingkan Lampu Skywave dengan Skydrive. Skywave sedikit kalah terang disebabkan karena reflektornya kalah mengkilap (dibandingkan skydrive). Solusinya cukup ganti lampu standar dengan bulb halogen YANG 25/25 watt. Gak perlu ganti dengan watt yang lebih besar dari 25watt karena akan percuma. Hal itu disebabkan karena Skywave mempunyai kapasitor yang mentok di 25 watt, agar lampu tidak kelebihan beban dan cepat putus. Saran ane klo punya duit banyak, silahkan beli bulb “WURTH” (Rp.95.000) ato klo mau ngirit pake  “OSRAM” (Rp.15.000) :D

4* Ada suara khas :lol:
– Suara berdecit, gk trlalu kedenger sih. Suara berdecit ini berasal dari kampas sentrifugal yg kurang mencengkram pada mangkok kopling cvt (slip). Hal ini juga menyebabkan Skywave menjadi bergetar klo dipakai pada kecepatan rendah (dibawah 30km/jam). Serasa lagi nembak pake senapan M16 (emang pernah? kagakk sih:lol:

Solusi suara berdecit : tinggal ke bengkel resmi dan minta sama mekaniknya untuk membuatkan celah alur pada kampas sentrifugal, seperti halnya pada rem tromol mobil. Dengan adanya celah alur tsb maka kampas sentrifugal akan mencengkram sempurna sehingga energi yg dihasilkan juga tidak terbuang percuma dan getaran “M16” pun hilang. (thanx to: SOCers Dealer Suzuki Ciseeng atas inovasi ini) :mrgreen:

– Suara “ngorok” (ini yg agak lumayan, apalagi klo’ gk dpanasin). bunyi ngorok sebenarnya suara khas dari skutik suzuki (spin, skywave, skydrive)… suara itu timbul dan berasal dari rumah saringan udara yang kapasitasnya besar tetapi tidak sesuai dengan isi didalammya…. tetapi punya kelebihan yaitu suplai udara ke karbu menjadi banyak. 8)

5* Top Speed yahudd, apalagi klo jalan bebas hambatan (bukan jalan tol loh) :D. nah klo bicara top speed kan tergantung ama berat badan pengendara, kondisi jalan + nyali ente 8) , tapi alhamdulillah udah nyoba ngegeber nembus sampe 110km/jam, tarikan gas sih blm abis n motor cmn ‘hampir’ bergetar dikit tapi jantung ini yg udah bergetar sempurna :D *biasanya sih pas jalan di perkotaan cuma 60-80km/jam, tapi begitu arah luar kota deket pintu masuk tol (bukan ane yg masuk tol loh) langsung aja ane geber 110km/jam mentok (kadang ama ngajakin duel) abis bandwidth jalan luar biasa lebar sih, hmhmhm… pdahal berat badan jg’ lumayan gambot neh, hoho2 :D

Alhamdulillah sisanya gak trlalu banyak keluhan, cuman kadang sering aja diubah-ubah settingan gas ama mekanikny BERES (BEngkel RESmi Suzuki) jadiny yah ane ubah lg sesuai keinginan dan sekali seh musti ganti pelampung bensin yg rusak dmn indikator bensin jd kagak akurat gara2 ane mix ama premium yg kbarny dcampur dgn air itu (huh payahh). yah Asalkan rajin sebulan sekali tune-up + ganti oli…. tapi klo mau lebih powerful… (setel aja klep + service CVT + ganti oli dengan oli khusus matic + pakai PERTAMAX biar pembakaran jd lebih sempurna n default neh motor emang pake’ oktan diatas 92 sih) 8)

Sebenernya pabrikan suzuki sudah membuat mesin & part cvt yg sesuai n presisi dgn QC yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan, jadi jangan sampai kena racun2 sesat yg sifatnya cmn sesaat :lol:

Klo anda ingin menggunakan Skywave untuk harian, “buat cari duit dan bukan buang duit” (lupa sapa yg bilang gini di forum SOC :D ) hati2 n klo bs hindari segala bentuk “RACUN” yang beredar di Bengkel ato pun di Forum2. :lol:

Beberapa Racun yg menyehatkan dan menyakitkan yg paling sering beredar:
1. Ganti Per CVT. “salah satu racun sehat” 8) . Karena Per CVT Skywave itu cuma 800 rpm, maka akselerasi awal lemot maka silahkan ganti, tapi klo buat harian cukup pake per cvt vario ato aftermarket maksimal 1500 rpm. Biaya Rp.18.000 klo hoki dapet per cvt vario original (biasanya dah di borong sama SOC :lol: ), Rp. 65.000 untuk samma GForce. kok cuma dua, merk laen gmn ? hmmm… per cvt vario (1000 rpm)jelas lembut, samma GForce (1500 rpm), walau pun sama” 1500 rpm dengan merk lain, tetapi per cvt samma GForce lebih lembut, jadi gak terlalu memaksa mesin bekerja ekstra, sehingga komponen mesin lebih awet :D

2. Ganti Roller. “Racun sakit”. Gak perlu ganti roller karena roller Skywave udah 12 gr (untuk Skywave buatan 2009 keatas), klo makin enteng memang akselerasi bakal naik, tapi BBM juga lebih boros dan top speed juga berkurang. inget motonya “buat cari duit dan bukan buat buang duit” :lol:

3. Ganti PJ + MJ: “Racun Populer” :D . Gak perlu ganti, bikin boros :lol:. mnding pake’ knalpot standar aja.

4. Ganti BUSI pake yg Iridium. “Racun Gak PEnting” . GAK perlu Ganti cuma buang duit aja, karena gak ngaruh apa” 8)

5. Ganti lampu pake yg di atas daya standar. “Racun Menyesatkan” Biasanya suka ada yg ngeracunin ganti lampu pake yg 35/35 watt. bulb halogen 25/25 watt aja udah cukup, karena emang gak bisa lebih, karena ada kapasitor yg menjaga lampu agar tidak kelebihan beban dan cepat putus (baru nemuin di motor Suzuki, gak tau klo yg laennya ada pa gak?) :lol:

6. Ganti Knalpot racing: Gak perlu ganti klo bukan buat balapan, “Racun Pikir2” :D

7. Ganti Ban Tubeless + pake’ Tire Guard. “Racun yg sangat sehat”. Sisihkan uang anda untuk investasi penting ini :D

8. Ganti Oli Full Synthetic: “Ini racun setengah sehat”. pake oli full synthetic memang paling bagus, tapi klo cuma buat harian dan buat kaum pekerja cukup pake yg semi synthetic aja kok. itu juga udah bagus :D

9. Ganti pake oli mobil :twisted: . “Racun Sesat Menyesatkan” Nah ini nih sempet kepikiran mau ikutan , tapi akhirnya setelah belajar ttg oli alhamdulillah selamat dari racun ini. banyak yg menyarankan untuk pake oli mobil karena SAEnya 10w – 40 dan mesin skywave juga mengunakan kopling tipe kering sama kayak mobil, dan memang oli untuk mobil lebih bagus dari pada oli motor. Tapi ternyata ada hitungan basis (rahasia pabrik oli) dalam pembuatan oli yang memang mengkhususkan oli tsb digunakan untuk mesin motor, mesin mobil, mesin kapal laut ato mesin industri berat. jadi sadari bahwa yang anda pakai itu motor bukan mobil. :twisted:

10. BORE UP = ” RACUN GANAS” :twisted:. SANGAT TIDAK DISARANKAN APAPUN BENTUKNYA APALAGI KLO BELI MOTOR MASIH BARU (1-3 TAHUN),  NYICIL LAGI.. (kayak gw) :lol:

Rata” konsumsi BBM untuk yg udah keracunan biasanya hanya berkisar 1:25 sampai 1:30, bandingkan klo masih standar 1:38 sampai 1:42. 8). Salah satu kutipan paling bijaksana dari salah satu member SOC yg perlu ditiru “Skywave gw buat cari duit, bukan buat buang duit” 😛

Sekian n terima kasih udah nyimakk yah.

SMOGA SMAKIN MANTAP MEMILIH SKYWAVE MENJADI KENDARAAN ANDA. (Garis Bawah Neh) :D

thx to: Agan2 member SOC Jkt n Sby;

Dealer Suzuki + semua Mekaniknya

Best Regards,

(mngharap bs modif kyak gini) – “Skywave modified in Japan 4” :D

Advertisements
Comments
  1. SOCers Jakarte says:

    salam SOC brader,, aku jg mau yg modifan jepang tuh… *kereeenn*

  2. nyo@skywave says:

    wah,
    nice info gan
    mau mal praktek dlu ni
    ijin nyicip gan bwt referendum eh referensi :p

  3. Polenk Merkesenk says:

    Nais inpo

  4. moslem says:

    thanks, semua infonya, cos bisa nambah pengetahuan saya tentang suzuki.

  5. Rahman says:

    Nih saya kasih resep buat skywave harian biar enak tapi awet & sehat sekali bro :

    1. Oli Mesin = Pertamina Enduro Matic SAE 10/30.
    2. Oli Gear Belakang = Yamalube Gear Oil.
    2. Roller = 12 Gram (Jangan kurang / Jangan Lebih).
    3. Per CVT = Original Honda Vario.
    4. Per Kopling = Original Yamaha Mio.
    5. Kampas Kopling = Original Suzuki Hayate.
    6. Spuyer PJ = Original Suzuki Spin (Ukuran 15).

    Dijamin buat harian dan selap selip kemacetan enak banget coz ane sdh buktikan sendiri.!

    Saya juga bisa bantu jasa pemasangan. Contact: 08158700701.

    • Ewidhi says:

      Bro Rahman, setelah pake resep itu semua, suara “ngoroknya” hilang gak?

      Saran No 4. Per Kopling = Original Yamaha Mio.
      Pas saya tanya ke salah satu dealer/bengkel resmi yamaha, harus beli sekalian kampas koplingnya bro… akhirnya batal mau beli. Apa di semua bengkel yamaha itu ya? Belum sempet tanya ke beres yamaha yg lain sih.

  6. Ewidhi says:

    Bro Rahman, setelah pake resep itu semua, suara “ngoroknya” hilang gak?

    Saran No 4. Per Kopling = Original Yamaha Mio.
    Pas saya tanya ke salah satu dealer/bengkel resmi yamaha, harus beli sekalian kampas koplingnya bro… akhirnya batal mau beli. Apa di semua bengkel yamaha itu ya? Belum sempet tanya ke beres yamaha yg lain sih.

    maaf komen dobel :mrgreen:

  7. Ewidhi says:

    Buat yang punya warung, numpang komen lagi.
    Saya berniat mengganti per cvt dan per kampas kopling. Yang saya denger sih emang seperti saran bro Rahman.
    Nah, kalo per kampas kopling juga pake punya original vario bisa gak ya? Murah lho harganya, cuma Rp 2.000,00/biji. Dah terlanjur beli gara2 mau beli punya mio hrus sepaket dengan kampasnya (bisa bikin buang duit).

  8. Nais inpo. Ijin copas bro

  9. Dr.Feelgood says:

    muantap gan. like this. salam ride the wind of change 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s